• Status Order
  • Tlp: +6287775677788
  • SMS/WA: +6287775677788
  • Line : okedental
  • BBM : D8ACF7A6
  • okedental@gmail.com
Terpopuler:

Tips Merawat Gigi bagi Pengguna Kawat Gigi / Behel

26 February 2017 - Kategori Blog

sikat-ortho-kit

Bagi sebagian orang, pemakaian behel mungkin sangat menyusahkan. Behel gigi menjadikan gigi Anda terlihat agak kekuningan serta menjauhkan Anda dari beberapa jenis makanan keras dan lengket seperti apel, jagung, dan karamel. Perawatan behel gigi membutuhkan lebih banyak waktu dan perhatian untuk dibersihkan. Bahkan, behel juga sering membuat penggunanya sakit gigi atau sariawan.

Dengan demikian, jika Anda malas membersihkan gigi dan behel Anda, hal tersebut malah akan berpengaruh pada kesehatn mulut dan gigi Anda. Hal yang paling umum terjadi adalah penumpukan plak gigi atau karang gigi, yaitu lapisan kotoran yang menempel pada gigi dan rongga mulut Anda yang penuh dengan bakteri. Plak inilah yang membuat gigi Anda menjadi kuning. Jika dibiarkan, plak akan berubah menjadi karang gigi berwarna hitam. Selain itu, jika Anda malas merawat kebersihan gigi dan behel Anda, maka akan menjadikan proses pemakaian behel lebih lama daripada seharusnya.

Jadi, bagaimana cara merawat gigi ber-behel sehingga terhindar dari plak dan karang gigi? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

1. Gunakan Sikat Gigi Khusus Behel

Saat ini sudah ada sikat gigi yang khusus untuk behel yaitu Sikat Ortho Kit. Ortodontis Anda akan menawarkan atau merekomendasikan sikat gigi khusus ini. Biasanya sikat gigi ini berbentuk kecil dengan bulu sikat sangat halus. Sikatlah gigi Anda minimal dua kali sehari atau setelah makan dan minum minuman manis. Ketika Anda menyikat gigi, lakukannya penyikatan sebanyak 2 kali. Penyikatan pertama tanpa menggunakan pasta gigi, penyikatan ini berfungsi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada behel atau di sela-sela gigi. Kemudian, Anda lanjutkan dengan menyikat dengan menggunakan pasta gigi.

2. Membersihkan Sela-sela Gigi dengan Dental Floss

Selain dengan menyikat gigi, ortodontis biasanya juga menyarankan Anda untuk menggunakan sikat tambahan untuk sela-sela gigi dan dental floss. Gunakan keduanya setiap kali Anda menyikat gigi untuk menghilangkan plak dan mencegah terbentuknya karang gigi.

3. Gunakanlah Pasta Gigi untuk Gigi Sensitif

Berkaitan dengan pasta gigi, ortodontis biasanya akan merekomendasikan pasta gigi yang digunakan untuk gigi sensitif. Pergerakan gigi Anda akan mengakibatkan gigi dan gusi Anda menjadi sensitif dan cepat ngilu. Pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif akan membantu mengurangi rasa ngilu pada gigi dan mencegah sariawan pada gusi. Oleh sebab itu, selalu sediakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

4. Lengkapi dengan Obat kumur

Setelah menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi, Anda juga harus berkumur dengan obat kumur untuk mendapatkan kebersihan mulut yang menyeluruh. Obat kumur akan menjangkah sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi atau dental floss sekaligus untuk membunuh bakteri.

5. Sediakan Wax Ortho

Jika ada ujung kawat atau hook yang menonjol dan menusuk gusi Anda, segera hubungi ortodontis Anda. Jangan coba untuk memperbaiki kawat atau hook yang menonjol itu sendiri. Untuk solusi sementara, Anda dapat menempelkan Wax Ortho untuk menutup kawat atau hook yang menusuk gusi Anda. Selanjutnya, Anda harus menghubungi ortodontis.

6. Hindarilah Makanan Keras

Hindarilah mengonsumsi makanan keras atau setidaknya jangan menggigit atau memotong langsung menggunakan gigi. Akan tetapi Anda masih boleh mengonsumsi makanan keras seperti apel atau paha ayam, asalkan Anda memotongnya kecil-kecil terlebih dahulu.

7. Hindarilah Makanan yang Lengket

Selain makanan keras, hindari juga makanan lengket seperti popcorn karamel, permen kenyal, atau permen karet. Selain mudah menyangkut di sela-sela gigi dan behel, makanan lengket bisa menarik kawat atau karet behel sehingga bergeser atau lepas dari tempatnya.

8. Bersihkan Mulut Setelah Makan

Segera bersihkan sisa-sisa makanan dengan menggunakan tusuk gigi atau berkumur dengan air putih setelah mengonsumsi semua jenis makanan, begitu juga setelah minum minuman manis. Minum air putih setelah mengonsumsi minuman manis akan membersihkan mulut Anda dari zat-zat yang dapat mengundang bakteri dan membuat mulut Anda terasa asam.

9. Kunjungan Teratur ke Ortodontis

Berkunjunglah ke ortodontis Anda secara teratur, biasanya setiap 4-6 minggu sekali. Ikuti dan laksanakan instruksi dan saran ortodontis Anda agar pengalaman mengenakan behel Anda sukses, nyaman, dan bebas dari gangguan.

, , ,