• Status Order
  • Tlp: +6287775677788
  • SMS/WA: +6287775677788
  • Line : okedental
  • BBM : D8ACF7A6
  • okedental@gmail.com
Terpopuler:

Perbedaan Veneer Porcelain dan Veneer Composite

04 March 2016 - Kategori Blog

veneer

Kemajuan teknologi adalah salah satu tanda dari perkembangan jaman. Seiring dengan banyaknya ilmu pengetahuan yang terus dikembangkan oleh para peneliti dalam bidang kedokteran gigi, semakin banyak pula pengetahuan masyarakat umum mengenai keindahan atau estetika pada wajah terutama tentang masalah gigi. Semakin banyaknya keinginan seseorang untuk memperindah wajahnya melalui sudut pandang dari gigi geligi mereka, para peneliti menemukan sebuah terobosan baru untuk memenuhi keinginan masyarakat masa kini yang digunakan untuk memecahkan sebuah masalah estetika wajah pada gigi bagian depan yaitu dengan membuat sebuah gigi palsu yang bernama veneer.

Veneer adalah sebuah lapisan gigi yang tipis dan berwarna sealami gigi asli yang terbuat dari bahan composite, porcelain dan resin akrilik yang terpasang pada gigi. Veneer dibuat dengan cara mengurangi setengah mm bagian depan gigi asli yang diinginkan untuk diberi veneer. Veneer hanya digunakan untuk menutupi bagian luar dan tepi gigi. Veneer umumnya digunakan untuk gigi depan yang terdapat celah, patah, berlubang sampai mengenai tepi gigi, berwarna hitam atau coklat di bagian depannya sehingga memerlukan perbaikan, agar terlihat indah lagi seperti warna gigi asli di sebelah-sebelahnya.

MACAM-MACAM VENEER

Terdapat dua proses dalam pembuatan sebuah gigi palsu veneer, yang pertama adalah secara langsung (direct) dan yang kedua adalah secara tidak langsung (indirect). Di bawah ini akan dijelaskan mengenai macam-macam veneer.

veneer-teeth

Dalam proses pembuatan veneer secara langsung (direct), bahan dasar yang digunakan untuk membuat veneer tersebut adalah composite. Untuk proses tersebut, dokter gigi dapat langsung melakukan tindakan dengan mengurangi bagian depan gigi asli yang diinginkan untuk diberi veneer kemudian ditambal langsung dengan menggunakan composite. composite memiliki komposisi yang terdiri dari matriks resin dan partikel pengisi anorganik, komposisi tersebut berfungsi untuk ketahanan composite dalam kondisi apapun di dalam mulut. composite digunakan karena memiliki warna sealami gigi asli.

veneer-teeth1

Dalam proses pembuatan veneer secara tidak langsung (indirect), bahan dasar yang digunakan untuk membuat veneer tersebut adalah porcelain. Yang dimaksud dengan proses pembuatan veneer secara tidak langsung (indirect) adalah gigi asli yang sudah dikurangi bagian depannya oleh dokter gigi, lalu dicetak dan dikirim ke laboratorium gigi agar dibuatkan gigi palsu veneer porcelain tersebut, kemudian hasil gigi palsu veneer porcelain yang berwarna seperti gigi asli pasien dan dengan bentuk yang sudah di perindah tersebut dikirim ke dokter gigi untuk dilekatkan ke gigi asli pasien dengan menggunakan lem khusus. porcelain memiliki komposisi silica (SiO2), feldspar potas (K2O.Al2O3.6SiO2), feldspar soda (Na2O. Al2O3.6SiO2), dan pigmen. porcelain digunakan untuk gigi palsu karena memiliki warna yang sangat bagus seperti gigi asli dan tidak mudah tergores karena terdapat lapisan kaca di bagian luarnya.

Apa saja perbandingan dari veneer composite dengan veneer porcelain?

veneer-teeth2

, , , , , , , ,